Air Scouter dari Brother: Gadget Masa Depan


Berapa banyak dari kita yang merupakan penggemar siri anime Dragon Ball atau paling tidak pernah menontonnya sesekali? Kalau Anda termasuk salah satunya, Anda pasti mengenal potongan gambar ini.

Jangan salah paham, tidak ada ilmuwan yang menemukan tulang-belulang dari karakter di atas dan mengklaimnya pernah ada di bumi, bukan itu yang menjadi fokus. Anda lihat gadget yang menempel di mata kiri karakter di atas? Gadget yang di dalam anime nya berfungsi untuk memberikan informasi tentang tingkat kekuatan musuh dalam bentuk visual yang muncul hanya di mata kiri itu memang salah satu ciri khas dari anime Dragon Ball. Bagaimana jika saya mengatakan bahwa gadget itu telah diciptakan di dunia nyata?
Perkenalkan Air Scouter, sebuah gadget masa depan.
Jika Anda melihat bentuk dari Air Scouter, maka Anda akan melihat kemiripan dengan gadget yang dikenakan karakter Dragon Ball di atas, hanya saja kali ini dalam bentuk kacamata. Adalah Brother Industries, Ltd yang berbasis di Jepang yang membuat Air Scouter ini. Air Scouter sendiri merupakan sebuah alat RID (Retinal Imaging Display), yang memiliki fungsi untuk menyajikan data langsung ke retina mata Anda sehingga terlihat seolah data tersebut disajikan di udara dalam bentuk transparan. Keren? Tentu saja!
RID sendiri adalah sebuah penyajian gambar yang memfokuskan cahaya, yang intensitasnya tidak berbahaya bagi mata, langsung masuk ke dalam retina  dan kemudian bergerak dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan gambar yang seolah ada di depan mata . Air Scouter adalah RID dalam bentuk prototypes, namun sudah siap untuk diluncurkan ke pasar Jepang dan mungkin dunia setelahnya.
Selain bobotnya yang ringan dan desainnya yang nyaman, Brother mengklaim Air Scouter juga menawarkan beberapa feature anyar lainnya, seperti:
  • Bentuk gambar atau data yang dipancarkan akan berbentuk transparan sehingga tidak mengganggu jarak pandang penggunanya.
  • Pengguna dapat membuka gambar-gambar pribadi bahkan data-data rahasia di mana saja
  • Walaupun bentuknya kecil dan ringan, namun alat ini mampu menghasilkan gambar sebesar 16 inchi persegi yang akan muncul 1 meter dari mata anda.
  • Anda bahkan bisa membaca dokumen dengan alat ini.
Alat  ini direncanakan untuk digunakan pada skala industri di Jepang, dan akan memberikan manfaat yang besar di sana. Sebagai contoh: Teknisi dapat langsung menyajikan data operasi manual mesin dan blueprint mesin lewat Air Scouter ketika memperbaiki sebuah mesin. Tetapi Brother sendiri juga tidak memungkiri bahwa alat ini mungkin akan tersedia untuk kalangan bebas, tidak saja di Jepang, tapi juga seluruh dunia.
Bayangkan jika alat ini bisa menjadi GPS tiga dimensi atau langsung terhubung dengan internet untuk memberikan informasi tempat yang kita kunjungi. Dan kita dengan senang hati mengucapkan : Selamat Datang Masa Depan!

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons