Technology Update dari IBM System & Technology Group


Hari ini, Isnin, 21 Jun 2010, team Jagat Review mendapatkan undangan dari IBM Indonesia untuk menghadiri press conference di Hotel Intercontinental, Jakarta. Pada acara ini, salah satu petinggi IBM Indonesia memberikan informasi mengenai technology update dari divisi System & Technology. Topik utama dalam technology update tersebut adalah memperkenalkan prosesor IBM Power7, server berbasis prosesor Power7 tersebut, dan sistem operasi IBM i 7.1.

Di awal sesi technology update, IBM memperkenalkan prosesor terbaru mereka, Power7. Power7 merupakan prosesor berbasis arsitektur POWER (Performance Optimization With Enhanced RISC) terbaru milik IBM. Prosesor ini memiliki clock spoeed 3.0 Ghz sampai 4.14 Ghz. Dibandingkan pendahulunya, prosesor ini memiliki beberapa keunggulan, terutama dari segi performa dan efisiensi. Hal ini dimungkinkan karena pada Power7, IBM mengimplementasikan beberapa fitur yang berfungsi untuk optimasi kinerja dan kapasitas proses prosesor sesuai dengan beban kerja yang diterima, antara lain: TurboCore, MaxCore, Intelligent Threading, dan Intelligent Cache.
Setelah perkenalan prosesor Power7, sesi technology update ini dilanjutkan dengan perkenalan beberapa produk server IBM yang sudah menggunakan prosesor ini, antara lain BladeCenter PS700 Express, BladeCenter PS701 Express, BladeCenter PS702 Express, Power 750 Express, Power 755, Power 770, dan Power 780. Server-server baru dari IBM tersebut memanfaatkan keunggulan Power7 dari segi efisiensi. Selain itu, IBM juga melengkapi server-server berbasis Power7 dengan beberapa fitur andalan mereka, seperti:
  • sistem virtualisasi PowerVM yang kompatibel dengan sistem operasi AIX, IBM i, dan Linux (Red Hat dan SUSE)
  • sistem anti downtime PowerHA yang memastikan server selalu berjalan dengan benar
  • sistem manajemen server IBM System Director yang dapat digunakan untuk mengatur, mengawasi, dan mengoptimalkan kinerja server
Semua fitur yang diimplementasikan IBM pada server berbasis Power7 tersebut benar-benar memanfaatkan kemampuan Power7 secara maksimal.
Puas menjelaskan server berbasis Power7, pembicara berganti membahas sistem operasi server terbaru milik IBM, IBM i 7.1. Selama ini, IBM i dikenal sebagai sistem operasi yang fully integrated, dalam artian segala sesuatu yang dibutuhkan oleh sebuah server sudah tersedia secara lengkap dalam sistem operasi ini. Pada versi 7.1 ini, IBM melengkapi sistem operasi ini dengan dukungan untuk database DB2, sekuriti, virtualisasi, high availability, application development tools, storage management, system management, dan Java. Selain itu, IBM i 7.1 juga mampu beroperasi secara “turn-key“, yaitu kemampuan untuk beroperasi secara independen dengan sedikit campur tangan dari operator.
Sesi technology update dari IBM Indonesia ini akhirnya berakhir, tetapi acara masih belum selesai. Pada sesi berikutnya, IBM Indonesia yang diwakili Bapak Fetra menjelaskan kerjasama antara IBM dengan BPR Surya Yudha.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons